Fitur-fitur terbaru di Android P Beta

Saat ini Google Android sibuk dengan versi Android terbaru yang akan siap diluncurkan pada akhir tahun ini, namun untuk pritinjau versi betanya sudah hadir dengan banyak fitur baru.
Dukungan dan Fitur Android P Beta
Sumber gambar @liliputing.com

Google Android P beta

Ponsel pintar berbasis Android saat ini memang sangat terkendala dengan komsumsi baterai yang cukup banyak, cepat habis dan sangat menjengkelkan tentunya.

Tapi sekarang anda akan merasa terbantu di Android P versi berikutnya dengan berbagai fitur berikut.

Fitur Adaptive Battery

Salah satu tema utama dalam fitur-fitur baru Android P tersebut adalah seperti yang sudah dilakukan uji coba di perangkat andorid untuk membantu menghemat masa pakai baterai dan memposisikan beberapa aplikasi, kontak, dan hal-hal lain yang mungkin Anda butuhkan di halaman depan layar ponsel.

Misalnya, ada fitur Adaptive Battery yang menghitung aplikasi mana yang kemungkinan besar akan Anda gunakan dalam beberapa jam ke depan dan yang kemungkinan tidak akan Anda gunakan sama sekali hingga nanti di siang hari. Maka fitur ini kemudian akan membatasi sumber daya yang digunakan oleh aplikasi yang tidak aktif, untuk membantu memperpanjang masa pakai baterai Anda. Google mengatakan dalam tes, fitur Baterai Adaptif dapat mengurangi komsumsi daya yang dihabiskan oleh aplikasi hingga 30 persen.

Fitur Adaptive Contrass

Fitur penghemat baterai lainnya disebut Kecerahan Adaptif (Adaptive Contrass), adalah fitur kecerahan otomatis yang lebih kuat yang akan mengubah slider kecerahan tergantung pada keadaan Anda. Google mengatakan: fitur ini dibuat agar pengguna melakukan penyesuaian kecerahan manual lebih jarang ketika menggunakan fitur ini.

Fitur App Actions

Sumber gambar @liliputing.com

Fitur ini memungkinkan aplikasi untuk melakukan berbagai tindakan, seperti memanggil mobil Lyft, memesan makanan dari restoran, atau kontak, ke tempat-tempat seperti stok laci aplikasi Android / bilah pencarian, layar beranda, atau Asisten Google.

Seperti yang diharapkan, Google juga membawa beberapa antarmuka pengguna dan perubahan navigasi ke Android P. Sebagai contoh, ada sistem multitasking berbasis gesture baru yang memungkinkan Anda membuka tampilan aplikasi terbaru saat Anda menggesek ke atas dari tombol home, dan Anda dapat  bergerak ke kiri atau kanan atau bergerak lebih cepat menggunakan slider di samping tombol home.

Fitur New System Navigation

Sumber gambar @liliputing.com

Google juga menambahkan tombol rotasi layar baru yang memungkinkan Anda mengganti fitur kunci rotasi dengan cepat jika Anda ingin beralih ke mode lanskap atau potret di aplikasi seperti Gmail. Dan ada kontrol volume baru yang memungkinkan Anda menyesuaikan notifikasi dan volume media dengan cepat dengan slider di sisi layar.

Menariknya, satu lagi yang menarik di Android P? Adalah adanya Alat untuk membantu Anda menghabiskan lebih sedikit waktu berinteraksi dengan ponsel Anda.

Misalnya, ada alat untuk membantu Anda melihat berapa banyak waktu Anda menyia nyiakan menghabiskan di berbagai aplikasi, dan opsi App Time yang akan membuat aplikasi menjadi abu-abu agar Anda tidak membukanya ketika Anda memutuskan untuk melakukannya.

Sumber gambar @liliputing.com

Ada mode "Wind Down" yang secara otomatis mengaktifkan mode Jangan Ganggu dan secara bertahap layar memudar berskala abu-abu untuk membantu Anda kurang terganggu ketika saatnya bersiap-siap untuk tidur atau kegiatan lainnya.

Gerakan "Shush" secara otomatis memungkinkan "Do Not Disturb" saat Anda membalikkan ponsel dan meletakkannya di permukaan.

Jika anda ingin memastikan untuk tidak melewatkan panggilan penting?, maka anda dapat mengatur kontak favorit di ponsel dan anda tidak akan melupakan acara penting, atau anda akan menjemput Anak ke sekolah jam 10.00, maka anda cukup mengaktifkan fitur ini.

Fitur baru lainnya di Android P beta termasuk:


  • Fitur smart replies di notifikasi
  • Fitur Text magnifier untuk membuat pemilihan teks lebih mudah
  • Batasan aplikasi untuk latar belakang guna memperpanjang masa pakai baterai
  • Fitur Dynamics Processing Effect untuk audio
  • Fitur Biometric prompt API untuk menampilkan pengalaman standar baru untuk login wajah, iris, atau sidik jari
  • Fitur Private key protection yang lebih kuat
  • Fitur low-battery notification yang akan memberi Anda perkiraan jam berapa ponsel Anda akan kehabisan daya
Anda dapat mencoba versi beta untuk smartphone anda, dengan cara mendaptar lebih terdahulu di Android Beta Program. cek dan pastikan ponsel yang anda gunakan mendukung penggunaan Android P.

Comments

Popular posts from this blog

Akhirnya Kini Chromebook mendukung aplikasi Linux